Cara Budidaya Asparagus yang baik dan benar


Mengenal Budidaya Asparagus
Asparagus merupakan sayuran yang cukup di sukai oleh masyarakat indonesia tetapi jarang sekali orang yang mengenal dengan sayuran ini. Di Indonesia asparagus dibudidayakan di daerah dataran tinggi. Tanaman asparagus di kenal untuk sayuran mahal yang cuma disiapkan direstoran atau hotel berbintang saja. Label produk asparagus atau milik usaha tani pada sasaran orang menengah ke atas, peluang usaha tentu sangat besar. Bila akhirnya berkwalitas, pasti juga dapat diekspor ke mancanegara.

Sudah Terbayang Seperti Apa Cara Menghasilkan Uang Dari TikTok?

Segera manfaatkan peluang emas ini, mumpung TikTok lagi booming-booming-nya. Dan senjata utama untuk bisa menghasilkan uang dari TikTok adalah KONTEN.

income berlimpah dari TikTok adalah KONTEN. Yaitu konten dalam bentuk video pendek yang Anda unggah di akun TikTok Anda


Persiapan lahan Asparagus
Persiapan lahan ini sangat penting untuk dilakukan. Sebelumnya, lahan perlu dibersihkan dari gulma dan dilakukan pembajakan secara merata.
Lahan diolah sedemikian rupa dan ditambahkan pupuk organik seperti pupuk kandang atau pupuk kompos untuk menambah nutrisi pada tanah. Selanjutnya dibuat bedengan ukuran lebar 120cm, tinggi 20cm dan kedalaman parit 40cm.
Persiapan Benih/Bibit
Pembibitan asparagus dapat dilakukan melaui dua cara yaitu dengan cara vegetatif (kultur jaringan, tunas atau stek) dan generatif (melalui biji). Dari semua cara tersebut, pembibitan menggunakan biji adalah yang paling sering digunakan.
Dalam persiapnnya, benih/bibit yang akan disemai perlu direndam terlebih dahulu dalam air dingin pada suhu 27oC selama 24-48 jam. Selama perendaman, air diganti sebanyak 2-3 kali sembari membuang biji yang mengambang.

Ternyata Begini Cara Mudah Bikin Konten TikTok

Tanpa Joget-Joget, Tanpa Tampil Wajah, Tanpa Kamera, Walau Anda Pemula Sekalipun


Persemaian
Benih asparagus disemai pada tanah dengan jarak tanam 15x10cm dengan kedalaman 2,5cm. Setiap lubang tanam diisi dengan satu biji benih yang kemudian ditutup dengan tanah dan jerami di bagian atasnya.
Sewaktu di persemaian, bibit perlu dirawat agar terhindar dari serangan hama penyakit. Selain itu, perlu dilakukan pemupukan setiap 20-30 hari sekali menggunakan pupuk organik, kompos maupun urea.
Pindah Tanam
Pemindahan bibit dilakukan setelah bibit berumur 5-6 bulan. Hal-hal yang harus diperhatikan dalam pindah tanam ini adalah diantaranya, bibit yang dipindahkan adalah bibit yang sehat, bibit yang sudah dicabut harus segera ditanam, akar dipotong dan disisakan sekitar 20cm serta pucuk tanaman dipangkas hingga tinggi tanaman menjadi 20cm saja.
Penanaman sebaiknya dilakukan pada pagi hari sekitar jam 9 atau sore hari sekitar jam 4. Jarak tanam yang digunakan dalam penanaman ini adalah berkisar 40-50cm untuk jarak antar tanaman dan 25cm-1,5m untuk jarak antar baris.
Pemeliharaan
Tahap pemeliharaan yang tidak boleh dilewatkan dalam budi daya asparagus adalah pemangkasan dan pemupukan susulan. Pemangkasan dilakukan setelah induk tanaman asparagus bertunas sekitar 8-10 tunas, selebihnya dipangkas. Setelah mendekati masa panen, batang yang dipelihara cukup 3-5 batang saja. Sementara itu, untuk pemupukan susulan dilakukan rutin setiap bulan menggunakan pupuk kimia dan setiap 3 bulan sekali menggunakan pupuk kandang.
Pemanenan
Panen dapat dilakukan ketika aspargus sudah muncul di atas permukaan tanah dengan kondisi pucuk yang masih kuncup yaitu kira-kira pada umur 4-5 bulan setelah pindah tanam. Jika panen pertama dilakukan pada umur 4 bulan setelah pindah tanam, maka panen kedua dilakukan pada umur 5 bulan dengan interval panen 2 hari sekali, bulan ke-6 dan seterusnya dapat dipanen setiap hari.
Pemanenan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu dengan cara mencabut atau dengan memangkas batang muda. Cara panen yang paling baik adalah dengan melakukan pemangkasan karena tidak merusak sistem perakaran tanaman yang akan dijadikan calon indukan.
Sayur Asparagus

Asparagus, dalam pengertian umum, adalah suatu jenis sayuran dari satu spesies tumbuhan genus Asparagus, terutama batang muda dari Asparagus officinalis. Asparagus telah digunakan sejak lama sebagai bahan makanan karena rasanya yang sedap dan sifat diuretiknya. Tanaman Asparagus kini mulai dilirik untuk dicoba-kembangkan dalam pertanian di Indonesia karena merupakan peluang usaha yang cukup menjanjikan karena telah diketahui manfaat asparagus yang besar bagi kesehatan.
Selain dimanfaakan menjadi olahan makanan yang lezat, ternyata asparagus juga memiliki kandungan gizi tinggi. Tanaman ini banyak ditemukan di Amerika Utara, lembah Californiam sacramento dan New Jersey, Carolina Selatan serta Illinois. Bagian Asparagus yang diambil untuk makanan atau sayuran adalah bagian rebungnya, dipilih rebung yang besar dan berwarna putih karena lunak, sebagai makanan Asparagus disajikan dalam bentuk sayuran segar atau diproduksi dan diolah sebagai makanan kaleng. Adapun kandungan mineral yang terdapat dalam Asparagus antara lain; kalsium, potasium, vitamin A, B6, C, D , dan E, kalsium, magnesium, seng, protein, vitamin A, vitamin K, tiamin, riboflavin, rutin, niasin, zat besi, fosfor, potasium, tembaga, mangan, dan selenium. Kandungan gizi dan khasiat dari Asparagus akan mudah hilang bila kita tidak tau cara mengolahnya.
Rebus asparagus sebentar. Ini adalah cara yang umum untuk memasak asparagus dengan cepat dan sempurna dan menyajikannya dalam keadaan dingin untuk salad atau sebagai hidangan pendamping saat makan siang. Jika Anda lebih suka menyajikan asparagus dalam keadaan hangat, lewatkan proses perendaman dengan air es. Inilah cara untuk merebus sebentar asparagus:
Rebuslah air dan 2 sendok teh garam dalam sebuah panci besar.
Masukkan asparagus ke dalam air dan biarkan masak selama 2 ½ - 3 menit.
Periksa kematangan asparagus – teksturnya harus renyah, tidak lunak.
Jika mau, celupkan asparagus ke dalam mangkuk berisi air es untuk mendinginkannya.


Manfaat Asparagus bagi kesehatan :
1. Diet Sayuran ini sangat rendah kalori, tidak mengandung lemak atau kolesterol serta kandungan sodium yang sedikit sehingga dianjurkan dimakan untuk Anda yang sedang menjalani terapi diet.
2. Memperbaiki Fungsi Ginjal Asparagus bermanfaat untuk memperlancar saluran urine dengan demikian akan memperbaiki kinerja ginjal. Kandungan asam amino asparagines akan merangsang ginjal membuang sisa metabolisme tubuh. Kandungan asam folat nabati juga rendah kalori karena tidak banyak mengandung lemak atau kolesterol dan juga mengandung sangat sedikit natrium.
3. Mencegah Kanker dan melancarkan sistem pencernaan
Asparagus mengandung tinggi serat (dietary fiber) sehingga dapat mengikat zat karsinogen penyebab kanker.
4. Mengobati Sembelit
Kandungan Seratnya juga memperlancar proses pencernaan dalam tubuh sehingga Anda akan terhindar dari masalah sembelit atau sulit buaMeng air besar.
5. Menambah kesuburan Pria
Hasil uji klinis bebrapa lembaga ilmiah menunjukkan bahwa Asparagus dapat menambah kesuburan pria.
6. Membuang Lemak, Jerawat, Eksim dan Gangguan ProstatZat aktif lain dipercaya dapat meningkatkan sirkulasi darah dan membantu membuat deposit lemak dalam dinding pembuluh darah.
7. Berkhasiat bagi Ibu Hamil dan janin
Asam folat yang banyak terdapat dalam Asparagus akan mempermudah para ibu mendapatkan kehamilan. Disamping itu asam folat sangat bermanfaat bagi ibu-ibu hamil dan janinnya, untuk melindungi cacat tabung saraf pada bayi. Dengan terus menerus mengkonsumsi asparagus sesudah kelahiran akan membantu memperlancar produksi air susu Ibu (ASI).
8. Berkhasiat bagi kesehatan tubuh.
Khasiat asparagus bagi tubuh antara lain mampu memperbaiki sistem kardiovaskuler dengan memperkuat fungsi hati, memperbaiki aliran darah, dan memperkuat kapiler tubuh.
Cara mengolah Asparagus yang benar yaitu merebus asparagus lebih kurang 3-4 menit, kemudian diolah menjadi sup atau kimlo. Ada juga yang memanfaatkan asparagus dengan merebus atau dibikin jus.
Konsumsi asparagus juga mampu memberi nutrisi rambut untuk mencegah rambut rontok.
Asparagus juga dapat menangkal kanker, khususnya kanker paru.
Kandungan agen anti kanker di dalamnya mampu menyusutkan tumor.
 Bagi anda yang ingin belajar tanam asparagus untuk sekala hobi atau kebun rumah, saya sarankan untuk mulai tanam dari akar bonggol asparagus untuk perceoatan panen dalam 2bulan, cara tanamnya sangat sederhana dan mudah
Asparagus bisa tahan belasan tahun, kalau perawatannya bagus
Cukup dengan gemburkan tanah, kasih pupuk kandang lagi, siram dan upayakan setelah ditanam, kena sinar matahari secara langsung, untuk merangsang pertumbuhannya
•Cara tanam akar bonggol
•Media cukup tanah gembur dan pupuk kandang saja
boleh ditanam dilahan secara langsung
atau di pot/polybag atau planterbag, disarankan memakai diameter 50cm
•Rentangkan bagian akar seperti jaring laba2, lalu tanam 10cm dari permukaan tanah (pastikan bagian akar tertutup semua, tidak boleh tersinari matahari, karena bisa mati)
•Lalu siram (pastikan ketika siram, bagian akar tidak tergenang air, karena bisa busuk), disarankan tersinari matahati secara langsung, untuk merangsang pertumbuhan.
•Note : Asparagus satu kali tanam bisa tahan belasan tahun, dan pane 2hari 1kali• Asparagus boros makan dan suka minum.

Untuk testimonial, bisa dilihat di Instagram @aspragusbandung

Anda punya produk bagus? Jual produknya melalui fitur TikTok Shop.

Tanpa harus memiliki website toko online sendiri, Anda bisa langsung jualan di TikTok Shop.



Bagi anda yang berminat ;
✔️ Tanam asparagus untuk kebun rumah (keperluan keluarga)
✔️ Tanam asparagus untuk Hobi
✔️ Budidaya Asparagus
✔️ Pelatihan Budidaya Asparagus
Beli bibitnya disini :👇
✔️ Shopee ✔️ Tokopedia ✔️ www.AsparagusIndonesia.com
------------------------------------------------------------------------------

Comments

Cara Budidaya Asparagus yang baik dan benar

Manfaat Asparagus Bagi Kesehatan

Saya menjual BIBIT UNGGUL POHON ASPARAGUS SUPER SIAP TANAM #caratanamasparagus dengan potongan 60% di Shopee